PPG SM3T SEBAGAI SYARAT CPNS

Tahun 2015 mendatang, bagi yang ingin mendaftar menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tidaklah mudah. Kemendikbud akan menjalankan Program Pendidikan Profesi Guru Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (PPG-SM3T). PPG-SM3T sendiri akan menjadi salah satu persyaratan bagi para sarjana pendidikan yang ingin melamar menjadi PNS pada 2016. Jadi, tidaklah cukup hanya mempunyai gelar sarjana pendidikan (S Pd.), namun wajib pula bergelar guru profesi (Gr.).

Tahun 2015, CPNS Wajib Menjalankan PPG-SM3T – uny.ac.idHal ini dilakukan karena kelangkaan guru di daerah terpencil yang disebabkan oleh penempatan tenaga guru yang tidak merata. Menurut Retno Listyarti, Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), CPNS seharusnya ditempatkan di daerah kekurangan guru dahulu. Bila CPNS tidak mau ditempatkan di tempat terpencil, maka ia tidak dapat diangkat menjadi PNS.

PPG-SM3T sendiri merupakan bagian dari program Maju Bersama Mencerdaskan Bangsa (MBMI) yang bertujuan mempercepat pembangunan pendidikan di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal. Selain itu, tujuan dari program ini adalah untuk membangun mental guru yang memiliki wawasan yang luas. Dalam mengikuti program tersebut, para sarjana pendidikan yang baru lulus ditugaskan di daerah terpencil yang sudah ditentukan selama 6 – 12 bulan.

Daerah yang biasanya menjadi sasaran PPG-SM3T seperti Nias, NTT, NTB, Papua, dan Mentawai. Lokasi tersebut juga memiliki fasilitas yang terbatas, seperti tidak adanya listrik, menyebrangi sungai tanpa jembatan, dan tantangan lainnya.

Namun walaupun tidak mudah, peminat program ini dari 3 tahun uji coba mengalami peningkatan yang signifikan. Pada tahun 2011, ada sekitar 2.500 peserta yang mendaftar. Kemudian tahun 2012 terdapat 2.700 peserta, dan tahun 2013 terdapat 3.000 peserta. Hal ini membuktikan bahwa PPG-SM3T memiliki keunggulan bagi para calon pengajar.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)

Satu pemikiran pada “PPG SM3T SEBAGAI SYARAT CPNS

  1. Ping balik: PPG SM3T SEBAGAI SYARAT CPNS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s