PPM dalam konsep merdeka belajar

HDPGSDI Wilayah IV bekerja sama dengan Uiversitas Pendidikan Ganesha,Singaraja Bali mengadakan Webinar dengan topik Penelitian, Pengabdian, dan Publikasi Pendidikan Dasar dalam Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka pada Sabtu, 29 Agustus 2020. Webinar ini juga didukung oleh Universitas Mataram, Universitas Halmahera, UKI Sant. Paulus Ruteng, STKIP Citra Bakti, STAH Mpu Kuturan Singaraja, Universitas Muhammadiyah Kupang, Universitas Hamzanwadi dan Universitas Citra Bangsa.

Webinar tersebut dilangsungkan melalui Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung melalui Youtube PGSD Undiksha https://youtu.be/l_VX3aMOcc. Jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 433 yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi dan Sekolah di Indonesia. 

Ketua Panitia yang juga adalah dosen PGSD di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Dr. I Gusti Ayu Tri Agustiana, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat meneliti, mengabdi, dan mempublikasikan karya ilmiah sebagai perwujudan dari Tridharma Perguruan Tinggi. Di sisi lain, dalam sambutannya Rektor Undiksha yang diwakili oleh Dr. Gede Rasben Dantes, S.T, M.T.I.selaku Wakil Rektor I Undiksha menegaskan bahwa perlu melakukan penelitian dan pengabdian yang mengarah pada pemanfaatan teknologi dalam kaitannya dengan konsep kampus merdeka.

Pemateri pertama dalam kegiatan ini Prof. Ocky Karna Radjasa, Ph.D, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset Dan Teknologi/Badan Riset Dan Inovasi Nasional. Prof Ocky menyampaikan bahwa arah dan kebijakan riset pendidikan dasar saat ini adalah pada penelitian-penelitian terapan dan pengembangan. Prof. Ocky menambahkan akan ada dana abadi bidang riset yang dapat digunakan pada tahun 2021. Selain itu juga disampaikan bahwa fokus penelitian untuk pendidikan bisa diarahkan ke pengembangan kurikulum, bahan ajar, evaluasi, dan alat balajar. 

Pemateri kedua adalah Prof. Dr. Heri Retnawati, M.Pd dari Universitas Negeri Yogyakarta. Heri Retnawati membawakan materi dengan topik Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat dalam Bidang Pendidikan Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Dalam penyajiannya disampaikan bahwa peluang penelitian dan pengabdian dapat dalam bentuk penelitian pengembangan model magang, model pertukaran mahasiswa, model studi desa, model kewirausahaan, dan riset kolaboratif. Selain itu juga disebutkan pada perlunya riset, terkait distribusi mahasiswa dan kajian kebijakan terkait ekuivalensi SKS, standar mutu selama melaksanakan kegiatan, dan model asesmennya.

Pemateri terakhir adalah Dr. I Wayan Widiana, M.Pd. Wayan Widiana menyampaikan bahwa strategi publikasi ilmiah Pendidikan dasar.Lebih lanjut disampaikan tentang pentingnya publikasi dalam meregistrasi kegiatan kecendekiaan, menyertifikasi hasil kegiatan yang memenuhi persyaratan ilmiah, dan mendiseminasikan hasil penelitian secara meluas kepada khalayak ramai, serta mengarsipkan semua temuan hasil kegiatan kecendekiaan ilmuwan. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: