WORKSHOP “ PENGEMBANGAN KURIKULUM MBKM PRODI PGSD DALAM MEWUJUDKAN KOMPETENSI EDUCATION 4.0 DAN SOCIETY 5.0”

Himpunan Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar Indonesia (HDPGSDI) melaksanakan workshop pengembangan kulikulum MBKM Prodi PGSD dalam mewujudkan kompetensi education 4.0 dan society 5.0. pada tanggal 5- 6 Desember 2020 secara daring. Kegiatan ini di hadiri oleh Dewan pakar HDPGSDI dan pengurus HDPGSDI. Ketua Umum HDPGSDI Dr.Widya Karmila Sari Ahmad,M.Pd membuka kegiatan ini di secara langsung . Dalam sambutannya ketua umum menegaskan bahwa Profil dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Sarjana, Magister, dan Doktor PGSD atau Pendidikan Dasar sudah di setujui dan sudah nampak perbedaan antara profil PGSD dengan profil jurusan lainnya. Oleh karena itu berdasarkan rekomendasi capaian pembelajaran dan lulusan matakuliah pertukaran mahasiswa program merdeka belajar perlu di kaji kembali untuk proses penetapan kurikulum PGSD.

Salah satu narasumber dalam workshop daring yang diselenggarakan HDPGSDI adalah Prof.Dr.Endang Widi Winarni. Dalam paparannya Prof. Endang Widi menhampaikan bahwa dalam kegiatan wilayah 2 lalu sudah disepakati adanya profil dan CPL PGSD yang sudah final. Berdasarkan kesepakatan pleno maka ada sistem Blok untuk matakuliah MBKM yaitu sejumlah 20 SKS yang ada di semester 5. Mata kuliah dengan bobot 20 sks tersebut tersebar dalam 7 mata kuliah, yaitu Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD 3 sks, Pengembangan Pembelajaran Matematika SD 3 sks, Pengembangan Pembelajaran IPA SD 3 sks, Pengembangan Pembelajaran IPS SD 3 sks, pengembangan Pembelajaran PKn di SD 3 sks, Pengembangan Kreativitas Seni Budaya di SD 3 sks dan Manajemen Pendidikan di SD 2 sks. Mata kuliah yang belum dibahas sebaran matakuliah dan CPLnya akan dibahas dan di tetapkan dalam kegiatan workshop hari sabtu sampai minggu tanggal 5-6 Desember ini.

Kegiatan workshop yang akan dilaksanakan dibagi dalam 2 sesi, yaitu sidang pleno dan sidang sesuai rumpun bidang studi. Sebelum dilaksanakan kegiatan sidang Pleno dilakukan pemilihan ketua sidang pleno yang disepakati oleh anggota dipimpin oleh Prof. Endang Widi.  Sidang Pleno I dilaksanakan pada hari Sabtu 5 Desember 2020 dan dilanjutkan Sidang Paralel per rumpun untuk membahas Matakuliah dan CPL yang ada. Proses yang di jelaskan oleh Prof. Endang Widi bawa ada langkah-langkah yang harus di taati sampai mendapatkan deskripsi matakuliah. Langkah itu di mulai dari penentuan CP, penentuan Bahan Kajian, menentukan CPMK kemudian Sub CPMK yang berisi kata kerja operasional yang bisa terukur baru di dapatkan diskripsi matakuliah.

Rapat Pleno 2 di laksanakan pada hari minggu tanggal 6 Desember 2020 dengan agenda membuat Rencana Pembelajaran Semester (RPS) di setiap Rumpun Mata Kuliah. Hasil dari kegiatan ini kemudian akan di kaji kembali oleh Dewan pakar yang selanjutnya akan di tetapkan sebagai Rancangan Kurikulum Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Kegiatan ini di tutup langsung oleh Ketua Umum HDPGSDI Dr. Widya Karmila. Semoga yang di kerjakan selama 2 hari bermanfaat dan membuat HDPGSDI semakin Sukses dan Jaya. (Mita/Eka)

2 Comments on “WORKSHOP “ PENGEMBANGAN KURIKULUM MBKM PRODI PGSD DALAM MEWUJUDKAN KOMPETENSI EDUCATION 4.0 DAN SOCIETY 5.0”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: