LAUNCHING dan SOSIALISASI KURIKULUM PGSD BERORIENTASI MBKM

Himpunan Dosen PGSD Indonesia atau HDPGSDI hari Sabtu 18 September 2021 melaksanakan webinar launching dan sosialisasi kurikulum PGSD MBKM. Acara ini dilaksanakan melalui zoom dan dimulai pada pukul 08.00 dengan pendaftar 453 dari semua wilayah. Dr.Wahyudi, M.Pd dari UKSW yang juga ketua Wilayah 1 dalam sambutannya mengatakan bahwa Kurikulum PGSD MBKM disusun menjadi dokumen untuk menjadi pedoman bersama PGSD seluruh Indonesia untuk mendapatkan profile lulusan PGSD yang diinginkan bersama. Kurikulum PGSD berorientasi pada Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini disusun oleh Dewan Pakar dan sejumlah ahli lainnya.

Sambutan Ketua Penyelenggara

Dr.Widya Karmila Sari Ahmad,M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa kurikulum PGSD erorientasi pada MBKM ini dituntaskan dengan baik setelah cukup lama dalam mempersiapkannya.Dokumen yang telah disusun dam di launching pada hari ini diharapkan dapat menjadi legacy dan warisan pada masa datang. Ketua Umum HDPGSDI juga mengharapkan agar dokumen ini bisa menjadi pegangan PGSD seluruh Indonesia untuk menuju era revolusi industri 4.0. Widya juga berharap agar semua PGSD di Indonesia bisa maju bersama-sama menuju era 4.0 dengan kurikulum berorientasi MBKM ini.

Pembukaan sosialisasi kurikulum oleh Ketua Umum HDPGSDI

Kegiatan sosialisasi kurikulum PGSD berorientasi MBKM ini dipandu oleh Sekretaris Umum Farid Ahmadi,PhD dengan menampilkan para nara sumber penyusun kurikulum yang dimulai dengan Prof.Dr. Endang Widi Winarni,M.Pd dari Universitas Bengkulu. Sekum HDPGSDI menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini akan menampilkan beberapa narasumber yang mempunyai keahlian yang dibutuhkan oleh PGSD yang berorientasi pada MBKM.

Moderator diskusi Sekretaris Umum

Menurut Prof.Endang berdasarkan kurikulum yang disiapkan, outcome untuk lulusan PGSD tidak mungkin dapat dipenuhi semua, oleh karena itu ada prioritas kekhususan bagi masing-masing PGSD. Peran dosen PGSD sendiri harus bisa mengembangkan pembelajaran inovasi berbasis digital sebagai keypoint sebagai ciri dosen penggeraka. Ciri dosen penggerak adalah tidak melupakan IPD dan IMD. Program IPD dan IMD mendorong dosen dalam menghasilkan beragam model pembelajaran berbasis TIK yang dapat memfasilitasi penyelenggaraan Merdeka Belajar, meningkatkan engagement, dan mampu menjawab tantangan revolusi industri 4.0. Oleh karena itu kurikulum yang disiapkan juga mengacu pada masing-masing rumpun ilmu yang ada di PGSD.

Narasumber pertama Prof.Dr.Endang Widi Winarni,M.Pd.

Narasumber yang dihadirkan dalam launching dan sosialisasi kurikulum PGSD berorientasi MBKM ini selain Prof.Endang juga narasumber yang berbasis pada masing-masing rumpun keilmuan. Narasumber berbasis keilmuan itu adalah 1) Paedagogik oleh Dra.Endang M Kurnianti,M.Ed, 2) IPA oleh Pricilia Anindyta,M.Pd. 3) IPS oleh Ganes Gunansyah,S.Pd,M.Pd, 4) Bahasa Indonesia oleh Dr.Seni Aprilia,M.Pd, 5) PKN oleh Prof Wahyu, 6) SBDP oleh Dr.Cicilia Ika Wahyu Nita,M.Pd dan 7 Matematika oleh Dyah Worowirastri Ekowati,M.Pd.

Link materi webinar bisa diunduh di sini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: